.

CARI DI SITUS PAK MARGOLANG

CARI DI GOOGLE

.

Jumat, 29 April 2016

UT Siapkan Mahasiswa Bersaing di Era MEA

Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Senin pagi, 4 April 2016 dipenuhi wajah-wajah sumringah yang terpancar kebahagiaan. Mereka adalah wajah para calon wisudawan/wisudawati terpilih yang tersebar di seluruh Indonesia yang sedang mengikuti rangkaian kelulusan yakni Seminar Wisuda dengan tajuk “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Tema ini diambil seiring dengan perkembangan ekonomi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  Dengan demikian diharapkan lulusan Universitas Terbuka (UT) dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA.
Seminar tersebut diawali dengan temu wicara Rektor beserta jajarannya sebagai sarana dengar pendapat dari pengalaman para calon wisudawan/wisudawati  selama menempuh pendidikan di UT. Antusiame terlihat bukan hanya dengan melontarkan pertanyaan melainkan memberikan masukan-masukan kepada Rektor untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UT. Temu wicara ini merupakan kesempatan baik dan langka karena para alumni UT senusantara dapat berdiskusi langsung dengan Rektor serta para pejabat lain di lingkungan UT.

Seminar kali ini menghadirkan Duta Besar LBBP RI untuk Malaysia Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno, S.IP., MM. Dalam orasi ilmiahnya, beliau menyampaikan pengetahuan umum MEA, peran strategis MEA bagi Indonesia, tantangan serta lebih menekankan pada upaya peningkatan kapasitas SDM Indonesia dalam menghadapi MEA.  Menurutnya, hal ini penting dan menjadi tuntutan bagi Indonesia sebab negara dengan kesiapan SDM yang unggul akan memperoleh manfaat secara optimal di era globalisasi.
Peran institusi pendidikan seperti UT sangat strategis dalam mencetak SDM yang bukan hanya berkualitas tetapi juga mempunyai daya saing yang tinggi di era keterbukaan. MEA telah membuka pasar tenaga kerja bagi berbagai jenis profesi dengan daya saing yang tinggi. Sehingga Tenaga Kerja Indonesia bukan hanya akan survive di dalam negeri namun lebih jauh lagi harus memiliki daya penetrasi ke pasar Tenaga Kerja ASEAN. Ia menegaskan sudah saatnya masyarakat Indonesia   memiliki visi untuk menghadapi MEA.
Menyusul pernyataan Duta Besar tersebut, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D menyampaikan kampus yang dipimpinnya turut serta meningkatkan kapasitas mahasiswa UT di era globalisasi dengan membekali mahasiswa kemampuan berbahasa inggris, keterampilan teknologi komunikasi dan informasi, kemampuan belajar mandiri, serta kewirausahaan sebagai foundation courses. Melalui bekal tersebut diharapkan lulusan UT memiliki kompetensi yang lebih kompetitif baik di pasar tenaga kerja Indonesia maupun di ASEAN.
Rektor menambahkan, seminar wisuda ini dirasa cukup tepat dalam memberikan bekal kepada lulusan UT dimana mereka menyelesaikan studi bertepatan dengan saat-saat mulai masuknya persaingan bebas di negara-negara ASEAN. UT mempunyai harapan besar agar lulusan UT nantinya akan membawa nama Indonesia di kancah ASEAN.
Sumber : http://www.ut.ac.id/berita/2016/04/ut-siapkan-mahasiswa-bersaing-di-era-mea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar