CARI DI GOOGLE

ALUMNI UT

Selasa, 23 Agustus 2016

2016 sebagai Tahunnya Inovasi

http://www.ut.ac.id/berita/2016/08/2016-sebagai-tahunnya-inovasi
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) adalah gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah khususnya Kemristekdikti yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Pada tahun 2016 kali Ini merupakan 21th peringatan HAKTEKNAS dan diperingati di kota Surakarta, Jawa Tengah. Berbagai rangkaian acara diselenggarakan terkait dengan peringatan HAKTEKNAS ini dengan mengusung tema “Gelorakan Inovasi!”.
Bangkitnya Inovasi dari anak bangsa diharapkan dapat melahirkan teknologi yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan mendorong pertumbuhan inovasi digital ekonomi, serta melahirkan kemandirian menuju daya saing bangsa. Salah satu kegiatan sekaligus puncak rangkaian dalam rangka memeriahkan HAKTEKNAS adalah Pameran Ritech Expo yang diadakan di kawasan stadion Manahan, Surakarta pada tanggal 10-13 Agustus 2016. Dipilihnya kota Surakarta merupakan suatu kebanggaan bagi warga sekitar diiringi antusias warga kota Surakarta yang sangat tinggi, terutama bagi masyarakat yang ingin melihat secara langsung berbagai produk inovasi karya anak bangsa.

Universitas Terbuka (UT) terundang dalam kegiatan pameran tersebut. Pameran dititikberatkan pada program-program layanan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan inovasi teknologi secara maksimal oleh UT untuk memberi kemudahan belajar mahasiswa UT yang ada di pelosok negeri. Selain kemudahan, UT juga mengenalkan kepada masyarakat yang berada di pameran dengan produk unggulan UT berbasis teknologi terkini yang digunakan oleh mahasiswa pada saat menempuh studi di UT.
Pada saat pembukaan HAKTEKNAS tersebut juga dihadiri oleh 4 Menteri yaitu: Menko Pembangunan Manusia & Kebudayaan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan dan Presiden RI ke 3 Prof. BJ. Habibie. Laporan kegiatan yang disampaikan oleh Menristekdikti, Prof. Mohamad Nasir memaparkan bahwa diselenggarakannya HAKTEKNAS adalah sebagai wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dan prestasi anak bangsa yang membanggakan dibidang IPTEK dan sebagai lahirnya produk inovasi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, HAKTEKNAS kali ini juga menobatkan Prof. B.J. Habibie sebagai Tokoh Inovasi Nasional. Hadir mewakili Presiden sekaligus membuka secara resmi kegiatan HAKTEKNAS, Puan Maharani mengatakan bahwa kemajuan teknologi akan mendorong percepatan pencapaian kesejahteraan suatu bangsa.
Bagi UT, Pameran tersebut juga dapat berperan mendorong mahasiwa, dosen maupun pegawai UT untuk terus melahirkan berbagai produk inovasi selain yang sudah ada demi kelangsungan kegiatan pembelajaran bebasis teknologi serta dapat memberikan manfaat secara luas pemanfaatan teknologi untuk masyarakat sekitar.
"Ayo Mahasiswa UT tunjukkan kebolehanmu menciptakan inovasi bagi bangsa tercinta Indonesia".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar